Langsung ke konten utama

POHON KARIR

A. Pengertian
Pohon karir atau pohon harapan adalah alat atau media untuk membantu penyampaian materi tentang bimbingan karir untuk memilih, menyiapkan diri,mencari dan menyesuaikan diri terhadap karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya sehingga dapat mengembangkan dirinya secara optimal sehingga dapat menemukan karir yang efektf dan memberikan kepuasan dan kelayakan.

B. Tujuan Pohon Karir
1. Tujuan umum adalah membantu siswa dalam pemahaman dirinya dan lingkungannya, dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan pengarahan keputusan perencanaan, dan pengarahan kegiatan-kegiatan yang menuju kepada karir dan cara hidup yang akan memberikan rasa kepuasaan karena sesuai, serasi,dan seimbang dengan dirinya dan lingkunganya.
2. Tujuan khusus adalah meningkatkan pemahaman diri siswa, meningkatkan pengetahuan siswa tentang dunia kerja, membina sikap yang serasi terhadap partisipasi, meningkatkan kemahiran berpikir agar mampu mengambil keputusan, mengembangkan nilai-nilai sehubungan dengan gaya hidup yang dicita-citakan.

C. Fungsi Pohon Karir
1. Fungsi persiapan
Guru memberikan informasi mengenai perguruan tinggi atau studi lanjutyang didapatkan oleh siswa
2.Fungsi pencegahan
Guru dapat memberikan bantuan agar siswa tidak kesulitan di dalam memahami tentang   dirinya sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan sehingga mencegah siswa salah dalam menentukan langkah-langkah dalam menemukan karir yang di khendaki.
3.Fungsi penempatan
Guru akan membantu penempatan para siswa pada bidang atau jenis pendidikan,   misalnya dalam hal penjurusan atau pelatihan dan pekerjaan sehingga dapat mengambil keputusan sendiri secara bijaksana.
4.Fungsi penyesuaian
Guru pembimbing membantu siswa dalanm menyesuaikan diri dengan jenis-jenis   pekerjaan yang ada di lingkungan sekitarnya.
5.Fungsi pengembangan
Guru membantu siswa dalam mengembangkan seluruh pribadinya secara terarah dan         mantab pada minat kerja.

D. Prinsip-prinsip Bimbingan Karier di Sekolah
Ø  Seluruh siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan dirinya dalam pencapaian kariernya secara tepat.
Ø  Setiap siswa harus memahami bahwa karier itu adalah sebagai suatu jalan hidup, dan Pendidikan adalah sebagai persiapan dalam hidup.
Ø  Siswa hendaknya dibantu dalam mengembangkan pemahaman yang cukup memadahi terhadap diri sendiri dan kaitannya dengan perkembangan sosial pribadi dan perencanaan Pendidikan karier.
Ø  Siswa secara keseluruhan hendaknya dibantu untuk memperoleh pemahaman tentang hubungan antara pendidikannya dan kariernya.
Ø  Setiap siswa hendaknya memilih kesempatan untuk menguji konsep, berbagai peranan dan keterampilannya guna mengembangkan nilai-nilai dan norma-norma yang memiliki aplikasi bagi karier di masa depan.

F. Proses Pelaksananya
Ø  Kegiatan ini di beriakan dalam bentuk kelompok.
Ø  Anggota kelompok terdiri dari 5-8 anggota kelompok.
Ø  Pemilihan anggota kelompok dipilih secara acak yaitu berdasarkan hasil assessment guru BK.
Ø  Pilih 3 orang siswa yang motivasi belajarnya endah, nilai rapport rendah dan memiliki banyak alpa dipresensi. Selanjutnya dipilih 5 siswa lagi yang presensinya bagus.
Ø  Kemudian disatukan dalam satu kelompok metode pembentukan kelompok agar siswa lebih bersosial dan saling bertukar pendapat.


Berikut contoh pohon karir


Komentar

  1. MCD - Dr.MD
    Borgata Hotel Casino & Spa, Atlantic 파주 출장마사지 City. 광주 출장마사지 MGM Resorts International Casino Resort. Borgata Hotel Casino & Spa, Atlantic City, 광주광역 출장샵 NJ. MGM 포천 출장샵 Resorts 서울특별 출장마사지 International

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PAPAN BIMBINGAN

A. Pengertian Papan bimbingan adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan mater-materi Bimbingan dan Konseling yang berisi artikel, gambar, poster, dan objek dalam bentuk tiga dimensi. B. Tujuan Papan ini bertujuan agar membekali peserta didik dengan berbagi informasi pengetahuan dan pemahaman berguna untuk mengenali diri dan merencanakan mengembangkan pola kehidupan. C. Manfaat papan bimbingan 1. Memperjelas pesan agar tidak teralalu verbalistis. 2. Mengatasi keterbatasan ruang.waktu,tenaga, dan daya indra. 3. Menimbulkan gairah peserta didik, interaksi lebih langsung antara peserta didik dna guru BK. 4. Proses layanan Bimbingan dan Konseling dapat lebih menarik. 5. Kualitas layanan Bimbingan dan Konseling dapat ditingkatkan. 6. Meningkatkan sikap positif peserta didik terhadap materi layanan BK. 7. Dapat membangkitkan motivasi dan merangsang peserta didik lebih giat belajar. D. Kelebihan 1. Pembuatannya mudah dan biaya terjangkau. 2. Bisa menarik perhati

PERAN DAN TIPE-TIPE KONSELING

A.     Peranan Konseling Terdapat tiga peranan konseling, yaitu konseling sebagai helping, konseling sebagai seni, serta konseling dan higiologi. Konseling merupakan “Bagian dari bimbingan, baik sebagai pelayanan maupun sebagai tekhnik. Konseling merupakan inti kegiatan bimbingan secara keseluruhan dan lebih berkenaan dengan masalah individu secara pribadi”. Moh. Surya (2003:01). Konseling merupakan suatu proses pelayanan yang melibatkan kemampuan profesional pada pemberi layanan. 1.       Konseling Sebagai Helping Konseling berarti upaya pemberian bantuan, selanjutnya disebut  helping, adalah yang bersifat profesional . Menurut McCully dalam Andi Mapiarre (1992) suatu profesi  helping  dimaknakan sebagai adanya seseorang yang didasarkan pengetahuan khasnya, menerapkan suatu teknik intelektual dalam suatu pertemuan khusus  (existencial affairs)  dengan orang lain dengan maksud agar orang lain tadi memungkinkan lebih efektif mengahadapi dilema-dilema, pertentangan, yang